Manic-Panic-Terbesar-Di-Indonesia


Kontak-Manic-Panic

Tiga Hal Yang Penting Dalam Penulisan Di Blog

Ada banyak hal yang membuat penulisan blog kalian menjadi sangat menarik, tetapi sebelum kalian mempelajari hal – hal tersebut ada baiknya kalian berfokus dengan 3 hal terpenting dalam penulisan di blog agar mudah menjadi lebih mudah diterima oleh banyak pembaca di dunia maya (internet)

Ini adalah 3 hal terpenting dalam penulisan blog, yang sudah saya rangkum dari berbagai macam blogger terkenal di Indonesia maupun di luar negeri, yaitu :

1. Kalimat pertama harus menarik

Menarik disini dalam artian banyak, bisa berarti bermanfaat, bisa berarti membuat penasaran, bisa berarti membingungkan. Kenapa kalimat pertama sangat penting? itu karena pembaca di dunia maya sangat mudah melupakan, membuang, menolak artikel atau tulisan kalian hanya dalam hitungan detik atau bahasa kerennya “one-click”, si pembaca bisa mencari artikel lain dengan sangat mudah dan cepat jika mereka tidak menyukai kalimat pertama yang kalian tulis.

contoh : jika kalian masuk ke halaman website yang kalimat pertama dalam artikelnya sebagai berikut “Tau ga sih gue baru saja habis dari luar negeri seru banget” kalau gue yang baca gue langsung NEXT!!! hahahahaha, mksdnya adalah berikan suatu hal yang membuat orang menjadi kepo, tertantang, secara garis besar sebutannya adalah MENARIK!!!

coba kalian bandingkan dengan kalimat pertama dalam blog seperti ini, “pertama kali ke luar negeri langsung ke 3 negara hanya dengan IDR 1.000.000″ dengan kalimat pertama seperti itu gue akan langsung cari tahu dan membaca artikel sampe habis karena gue mau tau kog bisa IDR 1.000.0000 bisa ke 3 negara” tapi musti hati – hati menarik bukan berarti berbohong, kalian harus tetap bertanggung jawab atas tulisan kalian, dan selalu diingat berikan manfaat setiap kali melakukan penulisan.

2. Buatlah Tulisan Tight (Kencang dan Sempit)

Robert McKee, seorang lecturer dalam bidang penulisan, pernah berkata “90% of first drafts is shit”.

Dari pengetahuan tersebut 3 kata yang bisa gue bilang Cek lagi…Cek lagi…Cek lagi karena first draft ditulis hanya untuk “mengeluarkan apa yang ada di kepala”. Draft kedua ditulis untuk “memperbaiki apa yang sudah ditulis.” Dan draft ketiga untuk “membuat tulisannya bersinar”.

contoh : first draft “gue kemaren pergi ke rumah saudara gue untuk merayakan ulang tahun nenek gue yang paling gue sayangi” second draft kalian coba baca lagi, terlalu banyak kata “gue” coret semua kata “gue” buat menjadi tight “gue kemaren pergi ke rumah saudara untuk merayakan ulang tahun nenek yang paling sayangi” third draft buatlah menjadi lebih bersinar “Kemarin, nenek yang paling gue sayangi berulang tahun dan di rayakan di rumah saudara”

3. Temukan Voice Kalian Sendiri

seperti halnya penyanyi profesional, mereka mempunyai suara yang khas sampai – sampai tanpa kalian harus melihat dia, kalian sudah bisa menebak siapa penyanyi tersebut. Jangankan penyanyi terkenal, bahkan setiap individu mempunyai warna, voice, karakternya masing – masing.

Bagaimana cara menemukan voice atau cara penulisan kalian? rajin menulis dan rajin membaca sudah itu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *