Manic-Panic-Terbesar-Di-Indonesia


Kontak-Manic-Panic

Misteri Sambel Bu Rudy

Pas tante gue tahu gue mau ke Surabaya, doi langsung mesen Sambel Bu Rudy sebagai oleh – oleh yang dia mau. Gue sih iya – iya aja, sampai akhirnya Sambel Bu Rudy membuat gue sangat amat penasaran karena ternyata Sambel ini sudah sangat populer bahkan diantara teman – teman kuliah gue.

Teman – teman gue yang tau gue ke Surabaya juga pada nitip Sambel Bu Rudy. Woooow.. Karena penasaran akhirnya gue coba cari alamat Sambel Bu Rudy di internet dan pas baru ketik “alamat Sambel ” google nya langsung mensuggest “alamat Sambel Bu Rudy” luar biasa ternyata Sambel ini!! Penasaran kan?!

Alamat

Jl. Dharmahusada No. 140

Review Lokasi

Berada tepat dipinggir jalan besar dan juga disebelah sebuah bank yang cukup terkenal, membuat Sambel Bu Rudy mudah ditemukan. Pada saat mencari Sambel Bu Rudy ini, gue cukup tanya orang jalan menuju Dharmahusada dan ketika sampai di jalanan itu, cukup lurus aja lihat kanan – kiri dan foilaa ketemu deh Sambel Bu Rudy. Sayangnya hari pertama gue datang sekitar jam 9 malam dan ternyata Sambel Bu Rudy nya sudah tutup 🙁

Karena pengalaman di hari pertama, hari kedua gue langsung melesat dengan cepat menuju Sambel Bu Rudy di siang hari. Dan ternyata Sambel Bu Rudy ini buka jam setengah 7 pagi sampai jam 5 sore aja. Cukup unik karena gue pikir mana ada orang yang mau datang pagi – pagi untuk beli Sambel, tapi ternyata dari jam 7 pagi Sambel Bu Rudy sudah ramai loh! Intinya, Sambel Bu Rudy berada di lokasi yang cukup strategis, akan tetapi perjalanan menuju Sambel Bu Rudy cukup padat di siang hari. Hari pertama pas gue datangnya malam, sama sekali gak macet, tapi pas hari kedua gue datang siang hari ternyata jalanannya macet. Kekurangan lainnya adalah tidak tersedianya tempat parkir yang memadai, pas sampai, cukup sulit mencari tempat parkir mobil dan akhirnya mobil – mobil parkir dipinggir jalan membuat jalanan tambah macet.

Lokasi-Sambal-Bu-Rudy

tampak depan tempat sambel bu Rudy – Surabaya

Review Indoor

Satu kata : BERANTAKAN!! Karena memang Sambel Bu Rudy ramai dikunjungi, ada yang mau makan disitu, ada juga yang datang mau membeli sambelnya saja, satu tempat itu disulap menjadi sebuah Store dengan rak berisikan banyak barang dagangan + restaurant juga! ada bangku meja serta etalase – etalase yang menjajakan makanan yang bisa langsung disantap (gorengan dll). Yang semakin memperparah keadaan adalah karena mereka memasak tepat di halaman depan (bercampur sama parkir motor), banyak sekali alat masak berserakan dimana – mana, minyak juga bertebaran dimana – mana, suasana panas dan kurang nyaman! Karena suasana tak nyaman ini jugalah yang akhirnya membuat gue batal makan disitu dan akhirnya gue cuma membeli untuk dibawa pulang ke Jakarta. Banyak banget hal yang harus diperbaiki oleh Sambel Bu Rudy, yang utama adalah kebersihan alat dan ke-efisienan tempat dan alat masak yang digunakan.

Restoran-Sambel-Bu-Rudy

Restoran Sambel Bu Rudy

Review Pelayanan

Menurut gue, Bu Rudy butuh lebih banyak pegawai deh, pas gue datang kemaren, gue ngeliat banyak orang yang mau nanya ini itu tapi bingung tanya kemana. Kurangnya tenaga kerja juga terlihat dari berantakannya tempat tersebut. Pas gue muter mau coba lihat bagian restaurantnya, gak ada pelayan sama sekali disitu, kita para customer harus melayani diri kita sendiri, ambil makanan sendiri, sendok dll semuanya sendiri, gak ada pelayan yang menanyakan mau makan apa ataupun pelayan yang mengantarkan makanan ke meja kita. Pada bagian kasir juga cukup keteteran, meskipun dua orang kasir yang bekerja pada saat itu sudah cukup cekatan, tapi karena lebih banyaknya orang yang ngantri, tetap jadi tidak seimbang.

Pelayanan-Tempat-Makan-Sambel-Bu-Rudy

Terdapat puluhan pelayan yang siap melayani

Review Makanan

Karena gue gak jadi makan disana, gue akan mereview makanan yang gue beli bawa pulang aja ya 😉

Sambel Bawang
Sambel-Bawang-Bu-Rudy

Sambel Bawang Bu Rudy

Nih dia nih Sambel andalan yang paling laris manis di situ. Pas gue lagi beli nih Sambel, gue lihat ada bapak – bapak sama ibu – ibu rebutan mau beli nih Sambel, si bapak mau beli 100 botol, si Ibu mau beli 50 botol, belum lagi customer lainnya yang juga ngantri mau ngambil nih Sambel. Luar biasa banget kan?!

Gak ada kata lain selain PENASARAN, akhirnya gue pun membeli 15 botol Sambel bawang ini. Sampai Jakarta gue langsung icip nih Sambel saking udah gak sabarannya. Jujur sejujur – jujurnya, sambelnya keasinan -___- dibilang enak sih enak, pedesnya terasa tapi gak selebay yang gue bayangkan! Bahkan my mom cook better untuk urusan Sambel, Sambel buatan nyokap gue jauuuh lebih enak + pedes!

Rasa Sambel bawang Bu Rudy cuma asin + pedes + bau bawang, kurang gregeet! Well, rada bingung kenapa doi bisa melegenda gitu ya? Apa semuanya korban omongan?! Gue sendiri korban omongan teman – teman gue sampai akhirnya penasaran banget dan beli juga 15 botol. Ha.. Ha.. Apa orang – orang lainnya pada gak bisa buat Sambel?? Hmm…kayaknya semua orang yang bilang Sambel Bu Rudy enak harus coba Sambel nyokap gue deh!

Harga sebotol Sambel ini Rp. 15,000.-
Harganya sih memang gak mahal tapi gue kecewanya karena lebaynya itu gak seenak rasanya!

Kal : 140

Sambel Terasi

Sebenarnya di Bu Rudy itu ada 3 jenis Sambel, Sambel Bawang, Sambel Terasi dan Sambel Hijau. Gue beli tiga – tiganya, meskipun gue beli Sambel Terasi cuma 1 botol (buat nyoba doank). Malahan enakan yang Sambel terasi daripada Sambel bawangnya menurut gue. Gak keasinan terus lebih kaya rasalah daripada Sambel bawangnya. Tapi kembali lagi ya, semuanya tergantung selera masing – masing, tapi tetep deh, kalian semua yang bilang Sambel Bu Rudy enak lebay harus nyoba Sambel nyokap gue!!

Harga sebotol Sambel Terasi Rp. 17,500.-
Ntah kenapa harganya lebih mahal, mungkin karena bahan yang digunakan lebih banyak dan ya rasanya juga lebih enak daripada Sambel bawangnya.

Kal : 140

Sambel Hijau

Gue pribadi bukanlah pecinta Sambel hijau, kalau makan nasi Padang aja gue akan minta Sambel merah ketimbang Sambel hijaunya. Tapi ternyata Sambel hijau Bu Rudy lezat juga, gak kayak Sambel hijau yang ada di nasi Padang. Rasanya lebih gurih, kalau Sambel yang di nasi Padang kan tawar – tawar gimana gitu, nah ini berasa pedes + berasa ada bawangnya juga. Jadi buat kalian yang doyan Sambel hijau boleh nih nyobain Sambel hijau Bu Rudy.

Harga sebotol Sambel Hijau Rp. 15,000.-
Cuma Sambel terasi aja yang harganya beda.

Kal : 140

——–•———

Selain Sambel, gue juga membawa pulang teri pedes and teri bawangnya Bu Rudy. Sebenarnya gue pribadi cuma mau beli Sambel aja ke sana tapi ternyata tante gue beliin gue teri Bu Rudy untuk dijadikan oleh – oleh balik ke Jakarta. Dan ternyata, selain sambelnya, Bu Rudy juga terkenal karena udang keringnya, rada nyesel gue malah gak beli udang keringnya, tapi ya untung ada teri garing – garing ini. Ha.. Ha.. Lumayanlah buat icip – icip.

Teri Pedes
Teri-Bawang-Bu-Rudy

Teri Bawang & Teri Pedes Bu Rudy

Karena nih teri boleh dibeliin sama tante gue, gue kurang tau nama yang sebenarnya yang pasti dia teri halus dan berwarna merah (dicabein, mirip keripik singkong yang pedes itu). Meskipun warnanya merah cabe gini tapi rasanya sama sekali gak pedes. Rasanya gak terlalu spesial – spesial banget, dan dibayangan gue, gue pun bisa buat teri kayak gini. Ya, so – soo lah…

Harga sekotak teri pedes Rp. 20,000.-
Ya karena harganya gak mahal – mahal amat boleh juga sih dibeli untuk cemil – cemil iseng, tapi kalau mengharapkan citarasa tinggi sih jangan berharap dari sekotak teri ini deh!

Kal : 280

Teri Bawang

Teri yang satu ini juga gue gak tau nama aslinya, yang pasti di dalamnya ada bawang putih yang udah digoreng kering (mirip kacang bawang). Teri yang ini rasanya cuma asin dan garing, bahkan gak berasa bawangnya sama sekali -___- mungkin memang seharusnya gue beli udangnya kali ya. Sekali lagi, teri yang inipun so – soo lah, gue juga bisa buat sendiri teri kayak gini.

Harga sekotak teri bawang juga sama Rp, 20,000.-

Kal : 280

——–•——-

Rasa penasaran pun sirna setelah mencoba Sambel Bu Rudy dan rasa bingungpun datang kenapa Sambel ini bisa segitu tenarnya -__-

Besok – besok kalau ke Surabaya lagi, gue bakalan coba makan disana deh, masih penasaran sama udangnya, siapa tau ternyata udang keringnya dipadukan sama Sambel bawangnya baru jadi Spektakuler!!

Dan sebenarnya di Bu Rudy itu juga menjual berbagai jenis oleh – oleh lainnya, mulai dari Ceker Goreng, Kerupuk Bawang dan masih buanyak lagi. Ya bolehlah next time ke Surabaya mampir lagi ke Bu Rudy untuk beli oleh – oleh lainnya, tapi mungkin gue gak akan beli sambelnya lagi :’)

Incoming search terms:

sambal bu rudy,resep sambal bawang bu rudy,sambal bu rudy jakarta,resep sambal bu rudy,sambal bawang bu rudy,sambal bu rudy surabaya,sambal bu rudy di jakarta,Sambal bu Rudi,sambel bu rudy,sambel bu rudy surabaya,

4 comments

  1. Hendra says:

    Tlg alamat dan no telp sambal bu Rudy di jakarta. Terima kasih

  2. Flaviana says:

    Sambel bu Rudi dan udang kering (dan oleh2 seluruh Indonesia) ada toko nusa indah, di daerah jl.gandaria, kalau dari arah radio dalam ada dikanan jalan, sebelum sekolah labschool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *